Membingungkan, E-mail Kecamatan Lumbir, Banyumas Kok Ada 2?

Ada hal menarik di situs web Kecamatan Lumbir, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Beranda situs web kecamatan ini menampilkan dua alamat surel (surat elektronik) alias e-mail. Surel pertama lumbir@banyumaskab.go.id, sedangkan surel kedua sekretariatkecamatanlumbir@gmail.com. 

Sebenarnya kejadian seperti ini tidak hanya terjadi di situs web kecamatan Lumbir saja, tetapi juga pada beberapa instansi lain pun kadang terjadi demikian. Secara teknis, biasanya layanan surel yang disediakan Dinas Kominfo atau dinas teknis terkait lain di sebuah daerah memiliki keterbatasan, baik kapasitas penyimpanan maupun kemudahan penggunaannya.

Di sisi lain, banyak ASN terbiasa menggunakan surel dari layanan Gmail, mereka sudah biasa menggunakannya bahkan di ponsel. Pun kapasitasnya yang mencapai 15GB/akun disertai akses ke berbagai layanan Google, selain Gmail, membuat penggunanya “betah”.

Hal ini yang biasanya menimbulkan “dualisme” surel, di satu sisi, surel “resmi” @namadomain kabupaten/kota wajib digunakan, tapi di sisi lain, pengguna lebih familiar dengan layanan surel gratis semacam Gmail.

Pertanyaanya adalah, mana surel yang benar-benar dapat dihubungi oleh publik, untuk berkomunikasi? silakan dicoba ^_^

(soep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten diproteksi, kalau mau menyalin silakan hubungi Redaksi.